birthday cake terenak di jakarta

Beda Birthday Cake Terenak di Jakarta Kukus dan Panggang

Tidak semua birthday cake terenak di Jakarta dibuat dengan cara dipanggang, ada juga yang dibuat menggunakan teknik kukus. Memangnya apa bedanya cake yang dibuat dengan cara dikukus dan dipanggang? Ketahui lebih lanjut melalui ulasan di bawah ini.

  1. Rasa dan Aromanya

Umumnya simple birthday cake yang dikukus memiliki cita rasa yang cenderung menonjol dari pada yang dipanggang, karena proses pematangannya dapat lebih cepat. Kecepatan tersebut dapat menonjolkan rasa dari bahan-bahan yang digunakan untuk membuat cake. Wangi yang dihasilkan pun juga berbeda, tidak terlalu wangi seperti yang terjadi karena proses pemanggangan. 

Konon wangi yang kurang terasa itu terjadi karena ikut hilang dengan uap air yang mengembun. Sedang pada saat proses pemanggangan, pematangan secara perlahan dan wanginya tertahan di dalam oven, tidak menguap bersamaan dengan uap air. Kendati demikian, masing-masing proses t memiliki ciri khas rasa yang saling berpadu antara satu sama lain.

  1. Teksturnya

Birthday cake terenak di Jakarta yang dibuat dengan cara dikukus cenderung memiliki tekstur yang lebih lembab dari yang dipanggang. Hal ini terjadi karena uap air secara otomatis akan terlibat dalam proses pengukusan dan prosesnya pun lebih cepat daripada di benggang. Jadi bisa dibilang, proses ini tidak setanek cake yang dipanggang

Sementara untuk korean birthday cake aesthetic  yang dibuat dengan cara dipanggang akan memiliki tekstur yang lebih lembut dan lebih garing. Ini bisa terjadi karena adonan yang dipanggang didalam oven akan matang secara perlahan, tidak secepat pada proses pengukusan. Suhu oven yang tinggi akan membuat cairan dalam adonan keluar dan cake menjadi lebih kering.

  1. Ketahanannya

Seperti kue-kue pada umumnya, chocolate birthday cake yang dibuat dengan cara dikukus tidak akan bertahan lama dari cake yang dipanggang. Cake kukus akan lebih cepat basi dan berjamur karena memiliki kandungan air yang cukup tinggi. Berbeda dengan cake panggang yang hampir tidak mengandung air sama sekali. Untuk menjaga ketahanannya, cake kukus sebaiknya disimpan di dalam kulkas.

Demikian 3 perbedaan birthday cake terenak di Jakarta yang dibuat dengan cara dikukus dan dipanggang. Dua  jenis cake tersebut memiliki kelemahan dan kelebihan masing-masing, pun juga memiliki cita rasa khas yang berbeda. Cake itu bisa dibeli sesuai dengan selera masing-masing konsumen.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *