dokter gigi jakarta

7 Spesialisasi Dokter Gigi di Klinik Dokter Gigi Jakarta

Pemeriksaan dan perawatan gigi harus dilakukan sesuai prosedur medis, yakni oleh dokter gigi di fasilitas kesehatan, seperti di poli gigi atau klinik dokter gigi jakarta. Di mana durasi pemeriksaan tersebut setidaknya sekali dalam enam bulan, agar masalah pada gigi, gusi dan mulut bisa terdeteksi lebih awal, dan segera mendapat penanganan.

Spesialisasi Dokter Gigi

Pada dasarnya, bidang kedokteran gigi memiliki beberapa spesialisasi yang bertugas untuk menangani berbagai masalah pada gigi dan mulut, meliputi:

  1. Ortodontis adalah spesialisasi dokter gigi yang berfokus pada perawatan gigi yang tidak teratur dan tidak rapi, termasuk juga pemakaian kawat gigi, serta perawatan ortodontik lainnya.
  2. Endodontis adalah spesialis yang fokus pada masalah saraf gigi dan perawatan saluran akar gigi.
  3. Periodontis adalah spesialis dokter gigi yang menangani perawatan penyakit periondontal, sebagai contoh infeksi jaringan penyangga gigi dan radang gusi. 
  4. Prosthodontis, spesialisasi ini terlibat dalam pembuatan dan pemasangan gigi palsu, misalnya gigi tiruan, mahkota gigi dan jembatan gigi.
  5. Dokter gigi anak di klinik dokter gigi jakarta, disebut juga pedodontis adalah seorang dokter gigi spesialis yang khusus untuk menangani masalah gigi dan mulut anak-anak, serta perawatan gigi dan perkembangannya selama masa pertumbuhan.
  6. Dokter gigi umum adalah dokter gigi yang bertugas menangani perawatan gigi umum, contohnya pembersihan gigi, pemeriksaan rutin, perawatan gusi dan pengisian gigi berlubang. 
  7. Oral surgeon adalah spesialisasi dokter gigi yang menangani bedah gigi kompleks, pembedahan rahang dan pencabutan gigi yang sulit.

Tips Memilih Klinik Gigi Terpercaya

Setelah mengetahui spesialisasi dokter gigi, tiba waktunya anda mencari klinik dokter gigi terdekat 24 jam untuk membantu permasalahan gigi dan mulut anda. Pilihlah klinik gigi yang dokternya sudah memiliki kredensial dengan lisensi resmi dan terdaftar di lembaga medis. 

Klinik dokter gigi Jakarta umumnya menangani pemasangan behel atau kawat gigi, pencabutan gigi dan perawatan gigi lainnya. Sebelum melakukan perawatan gigi, alangkah baiknya kalau anda bertanya mengenai fasilitas yang tersedia dan pastikan sudah sesuai standar.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *