5 tips jitu memulai usaha bimbel kimia

Bimbingan belajar atau bisa disebut juga les privat merupakan salah satu jasa yang paling banyak diminati saat ini, selain mudah jasa ini tidak membutuhkan modal besar untuk di mulai, akan tetapi dapat menghasilkan penghasilan tambahan yang lumayan. Salah satu bimbel mata pelajaran yang paling banyak dicari saat ini ialah bimbel kimia, berikut ini tips jitu untuk memulai usahanya.

  1. Persiapkan pengajar yang berkualitas

Hal utama dalam memulai suatu usaha bimbel yakni dengan mempersiapkan sumber daya manusianya. Carilah tenaga pendidik yang kompeten dan sudah berpengalaman hal ini bertujuan untuk meningkatkan minat para calon siswa yang akan dibimbing. Selain handal dalam mengajar pastikan calon pengajar mempunyai psikologis serta kemampuan komunikasi yang bagus, mengingat kimia merupakan mata pelajaran yang termasuk susah. Jadi dengan kemampuan komunikasi pengajar yang baik dapat meghidupkan suasana kelas dan mengbangkitkan minat belajar siswa. 

  1. Siapkan materi dan susun silabus pembelajaran

Tips selanjutnya ialah dengan menyusun silabus dari materi pembelajaran yang sudah ada. Pada dasarnya silabus pembelajaran tidak terlalu berbeda, mengingat tujuan bimbel ada mengulang kembali materi yang sudah didapat di sekolah, maka usahakan silabus bimbel kimia yang disusun mengikuti perkembangan silabus sekolah pada umumnya. Selain itu gunakan buku atau referensi yang sama dengan yang digunakan para calon siswa di sekolah sehingga bisa sesuai antara materi bimbel dengan materi sekolah. 

  1. Tentukan jenis pelayanan

Jenis pelayanan disini ialah bisa dengan menerima panggilan mengajar ke rumah atau menentukan lokasi yang strategis untuk para siswa datang ke tempat bimbel. Akan tetapi anda harus menyesuaikan dengan keadaan yang ada saat ini, misalnya dengan adanya pandemi covid-19 ini anda dapat melakukan bimbel kimia atau les kimia online, sehingga para calon siswa tidak perlu keluar dari rumah, karena kondisi yang mengharuskan untuk stay at home saat ini. 

  1. Tentukan biaya yang sesuai

Tips selanjutnya ialah dengan menentukan harga yang sesuai. Cari dan bandingkan harga jasa bimbel yang ada sebelumnya barulah anda menentukan harga jasa bimbel kimia anda, karena masih baru disarankan agar tidak terlalu mematok harga terlalu tinggi, selain itu dengan harga yang terlalu mahal anda akan kalah saing dipasaran. 

  1. Belajar dari pengalaman

Yang terakhir ialah dengan belajar dari pengalaman, jangan sungkan dan malu bertanya pada mereka yang sudah memulai usaha jasa ini terlebih dahulu. Anda bisa belajar dari pengalaman mereka dan mendiskusikan metode pembelajaran bersama-sama. 

Itulah beberapa tips yang bisa anda ikuti dalam memulai suatu usaha bimbel khususnya bimbel kimia. Saran yang tak kalah penting ialah dalam menentukan biaya les kimia sebaiknya disesuaikan dengan kualitas pengajar dan pengalaman mereka. 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *