manfaat pemetaan lidar

Ini Dia Kegunaan Jasa Pemetaan Lidar

Anda pernah mendengar istilah jasa pemetaan lidar? Bagi orang awam tentu jasa yang satu ini masih cukup asing untuk dipahami. Namun jasa tersebut nyatanya memiliki peranan penting terutama di bidang vegetasi dan turunannya. Nyatanya teknologi ini mampu membantu semua kinerja yang dilakukan. 

Mengenal Jasa Pemetaan Lidar

Sebelum lanjut ke penjelasan lebih jauh Anda perlu tahu terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan jasa pemetaan lidar. Lidar sendiri berasal dari kesatuan singkatan berupa Light DetectionandRanging. Kesatuan ini bertujuan untuk memancarkan cahaya berupa laser yang nantinya untuk mengukur variasi tanpa ada hambatan. 

Kegunaan Jasa Pemetaan Lidar

Setelah mengenal pengertian yang dijelaskan sebelumnya, Anda perlu tahu kira-kira jasa yang satu ini manfaatnya untuk apa? Beberapa manfaat yang dimaksud bisa dilihat sebagai berikut:

  • Adanya teknologi yang lebih kekinian

Dengan menggunakan jasa ini nyatanya untuk kebutuhan pemetaan tidak perlu lagi menggunakan pesawat terbang yang sulit jangkauannya. Hal ini dikarenakan teknologi ini sudah cukup mencakup segala bentuk kebutuhan di dalamnya. 

  • Cenderung lebih cepat

Manfaat kedua yang perlu dipahami ketika menggunakan pemetaan Lidar ini adalah bisa mengatur lebih cepat. Hal ini berkaitan dengan survey yang menggunakan metode grid sehingga cenderung lebih hemat waktu dibandingkan dengan menggunakan metode konvensional. 

  • Lebih terjangkau

Siapa yang tidak ingin mendapatkan biaya yang lebih terjangkau? Dengan menggunakan metode pemetaan Lidar ini nyatanya Anda bisa lebih hemat biaya dibandingkan dengan menggunakan metode lainnya. Dikarenakan prosesnya yang cepat dan tepat sasaran hal ini memicu terpangkasnya biaya yang perlu dikeluarkan dalam hitungan jamnya. 

  • Presisi yang lebih tepat

Manfaat selanjutnya yang diberikan dari pemetaan Lidar ini adalah bisa memberikan presisi yang lebih tepat. Hal ini membuat pengukuran objek menuju ukurannya menjadi lebih sesuai dengan apa yang dibutuhkan. Akurasinya sekitar 5 cm sementara untuk presisinya sekitar 1 cm. 

Sehingga, memungkinkan penempatan jarak sekitar 5 cm dekat dengan kenyataannya menjadi lebih akurat. Tentunya cukup membuat hasil akhir yang diberikan nanti menjadi lebih realistis. 

  • Lebih terperinci dan terdeteksi dengan baik

Manfaat berikutnya yang diberikan ketika menggunakan pemetaan Lidar ini adalah bisa memberikan hasil yang terdeteksi dan terperinci dengan baik. Pemberian solusi dengan metode UAV ini memungkinkan bisa terbang dari ketinggian untuk menangkap semua objek yang ada di bawahnya. 

Tentunya sangat membantu terutama yang ada di bidang utilitas, energi, lahan dan juga perhutana maupun arkeologi

Anda bisa memanfaatkan teknologi dari jasa pemetaan Lidar ini untuk mendapatkan hasil yang lebih akurat dan terperinci. Apalagi untuk kebutuhan skala besar dan cukup rumit ketika harus menggunakan pemetaan yang biasa. Sehingga hasil akhirnya nanti masih diragukan untuk digunakan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *