pria sedang menggunakan laptop

Fitur Utama dan Cara Kerja Integrasi E-commerce dengan ERP

Prinsip dalam kerja ERP software ialah dengan melakukan penyederhanaan dalamalur kerja serta mengotomatiskan proses di dalamnya melalui database terpusat. Sistem integrasi ecommerce dengan erp ini memiliki dashboard yang berguna dalam memberikan kemudahan bagi para pengguna untuk mengetahui data real-time yang telah dikumpulkan dari proses bisnis di seluruh departemen. 

Contohnya, saat ERP menerima pesanan dari pelanggan, secara otomatis sistem akan mengirimkan data dan informasi pada pusat distribusi secara efisien agar dapat memenuhi pesanan dengan tepat waktu. ERP dapat bekerja untuk mengetahui waktu pengiriman, tingkat inventaris, serta faktor lain sebagainya dalam mengirimkan data serta informasi kepada pusat distribusi yang paling heat biaya dan produktif. 

ERP memungkinkan informasi dan data yang diperoleh dari berbagai departemen untuk dapat dibagikan dan diakses oleh para pengguna. Dengan begitu, Integrasi Ecommerce dengan ERP mampu untuk menyederhanakan proses kerja di dalamnya serta mengurangi waktu kerja.  Perusahaan dan bisnis yang Anda jalankan pada era saat ini pun akan memiliki keunggulan dalam kompetitif.

Fitur Utama ERP

Selain cara kerjanya, ERP juga memiliki fitur utama yang bermanfaat bagi perusahaan, antara lain:

  • Sumber daya manusia

Fitur yang tersedia di ERP ini dapat memberikan kemudahan bagi HR mengenai cuti karyawan, melacak aplikasi kandidat, dan tugas lain sebagainya. Bagi perusahaan yang menggunakan kebijakan perhitungan cuti carry forward dapat menggunakan ERP dalam menghitung hari tersisa yang nantinya akan diakumulasikan di tahun depan secara otomatis.

  • Akuntansi

Integrasi e-commerce dengan ERP yang memiliki fitur ini dapat memberikan keuntungan bagi perusahaan dalam membantu mengurangi jumlah waktu pada akuntan dalam melakukan tugasnya secara manual. Hal ini dikarenakan sistem ERP berjalan dan dapat dilakukan secara terpadu dan otomatis.

Contohnya, ketika mengirim invoice pada pelanggan dengan saldo terutang. Sistem secara otomatis dapat mengakses riwayat dan memperlihatkan data jumlah terutang sebelum mengirim tagihan kepada pelanggan. 

  • Customer Relationship Management (CRM)

Fitur ini berfungsi untuk membantu dalam meningkatkan hubungan antara pelanggan dan perusahaan. Hal ini karena CRM dapat memastikan jika para pelanggan mendapatkan pengalaman yang baik dan positif dalam menggunakan layanan ecommerce. 

Selain itu juga, CRM dapat menyediakan informasi berupa riwayat pelanggan, yang nantinya informasi tersebut dapat digunakan oleh perusahaan untuk mengirimkan iklan produk kepada target yang tepat.

  • Manufaktur

Fitur ini dapat memberikan manfaat bagi perusahaan dalam mengurangi pengadaan bahan baku, proses produksi, dan proses distribusi. Cara kerja ERP e-commerce ialah dengan menyediakan data dan informasi mengenai produksi barang secara real-time. Selain itu, juga membantu perusahaan dalam melacak barang dan penggunaan inventaris.

  • Manajemen inventaris

Fitur ini memungkinkan perusahaan melakukan pelacakan inventaris secara otomatis. Memprediksi barang yang akan habis, dan memesan ulang menurut prediksi tersebut secara otomatis. Selain itu, integrasi ecommerce dengan ERP yang memiliki fitur ini dapat merekomendasikan produk kepada pelanggan sesuai dari kebiasaan para pelanggan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *