Gambar seorang pria sedang menatap layar monitor

Ecommerce Visual Merchandising: Fungsi dan Jenisnya

Visual merchandising merupakan proses dalam menampilkan produk dengan cara yang menarik visual pembeli. Jika dalam ecommerce seperti tampilan dari produk, tata letak laman toko online, gambar produk, dan masih banyak lagi. Tampilan yang didesain dengan artistik dapat meningkatkan pelanggan berkunjung ke toko online Anda dan membeli produk. Berikut ini fungsi dan jenis dari ecommerce visual merchandising yang perlu Anda ketahui:

  1. Fungsi menggunakan visual merchandising

Menghadirkan toko online yang memberikan tampilan menarik adalah cara yang sangat ampuh untuk meningkatkan penjualan. Baik toko offline maupun online, para pelanggan tertarik dengan promosi melalui iklan dengan menggunakan basis teks dan visual. Pada ecommerce visual merchandising, mengandalkan desain dari seluruh tata letak ritel, baik tampilan, penataan, transaksi, dan masih banyak lagi. peran dan fungsi dari visual merchandising adalah merancang segala ruang dan tata letak yang menggabungkan dengan nilai jual yang unik pada setiap produk dengan menggunakan estetika brand secara menyeluruh, dengan cara mengkomunikasikan nilai pada setiap item dan juga merek secara menyeluruh. Cara menyampaikan kepada pelanggan di toko online dengan menggunakan teks perlu memperhatikan kata-kata yang tepat dan memberikan ketertarikan tersendiri bagi pembeli. Setiap produk ditampilkan berdekatan dengan produk yang memiliki kemiripan, supaya dapat meyakinkan pembeli untuk memilih salah satu produk yang menjadi pertimbangannya. Berikan tampilan visual yang menarik pelanggan pada keputusan yang awalnya pasif berubah menjadi aktif, dengan memancing minatnya terhadap produk yang dilihatnya. 

  1. Jenis dari visual merchandising

Berikut ini pertimbangan bagi Anda yang menggunakan visual merchandising dengan melihat jenis dan penggunaannya:

  • Tampilan yang interaktif seperti membuat akun toko online di ecommerce yang menampilkan kamar-kamar produk yang bisa dilihat secara real time. Dengan menggunakan kecanggihan teknologi, cara ini menarik pelanggan lebih jauh ke visual mengenai produk yang ditawarkan. 
  • Menggunakan windows display yang memberikan perhatian dan ketertarikan pembeli untuk masuk ke ruang ritel atau toko online Anda dan melihat langsung penawaran yang ditampilkan pada kamar produk tersebut. Sifatnya fleksibel dan bisa digunakan dengan beragam cara dalam menyampaikan pesan kepada pembeli mengenai promosi ataupun produk baru. 
  • Manekin, pada ecommerce visual merchandising juga diperlukan untuk keperluan gambar, tidak hanya toko offline saja. Anda bisa menampilkan gambar dengan cara yang menarik dengan berbagai jenis manekin yang lucu dan kekinian bisa menjadi cara memanjakan mata pelanggan saat melihat laman toko online Anda. Hal ini bisa menjadi cara jitu untuk menarik para pembeli pasif untuk mengunjungi toko online Anda bahkan mungkin membeli produknya. 
  • Signage atau sign merupakan suatu teknik yang digunakan untuk menyampaikan berbagai macam informasi dengan cara yang mudah dipahami dan juga menarik perhatian. 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *