Ilustrasi seorang pria sedang menggunakan multi channel ecommerce integration software di laptop

Inilah Manfaat yang Diperoleh dari Multi Channel Ecommerce Integration pada Bisnis Anda

Ketika berbelanja online, pasti Anda memiliki salah satu platform e-commerce atau marketplace yang menjadi favorit tersendiri, bisa karena user interfacenya yang ramah pengguna sehingga menggunakannya pun juga lebih mudah, bisa juga karena kelengkapan barang yang tersedia. Dalam dunia teknologi bisnis, ada banyak manfaat yang diperoleh dari multi channel ecommerce integration.

Pengertian Multichannel E-Commerce

Mutichannel e-commerce adalah ketika pedagang yang berjualan secara online, menjual produk di beberapa pasar dan juga platform, dan bukan hanya di satu tempat saja. Banyak penjual online yang melakukan hal ini untuk dapat meningkatkan exposure dari brand mereka dan agar jangkauan pada pelanggan bisa lebih luas lagi. Menurut data yang dirilis dari Stitch Labs, penjual yang menjual produk mereka di pasaran hanya menghasilkan 38 % lebih banyak daripada yang hanya menggunakan website. Sedangkan yang berjualan di dua pasar mendapatkan 120% pendapatan.

Dengan statistik tersebut, Anda dapat memahami kenapa begitu banyak penjual yang akhirnya memilih untuk mengambil pendekatan multichannel ke e-commerce. Namun, untuk mempersingkat pekerjaan mereka, banyak pedagang yang menggunakan software multi channel e-commerce.

Manfaat Terintegrasinya Multi Channel Ecommerce

Dengan adanya multi channel ecommerce integration yang dilakukan, ada beberapa manfaat yang diperoleh, yaitu:

  • Meningkatnya Jangkauan Produk 

Dengan mengintegrasikan multi channel ecommerce, dapat menarik pelanggan yang lebih besar ke daftar produk perusahaan, sehingga Anda dapat menjual produk secara global tanpa perlu memiliki banyak gudang untuk menyimpan stok perusahaan. 

  • Tidak Perlu Beralih Antar Platform

Manfaat dari terintegrasinya multichannel ecommerce adalah tidak perlu repot-repot beralih ke berbagai platform untuk menjual. Dengan terintegrasinya channel tersebut, Anda dapat mengakses beberapa penjualan dari pasar yang berbeda,

  • Tersinkronasinya Inventaris

Jika sudah terintegrasi, maka inventaris penjual akan diperbarui secara otomatis, dan stok bisa diperbarui pada semua ujung, yaitu dari software multichannel kepada semua pasar yang terhubung. Ini tentu sangat memudahkan pekerjaan karena tidak perlu melakukan perbaikan dan pembaruan  inventaris secara manual.

  • Tidak Perlu Bekerja Secara Manual

Melakukan pekerjaan manual memang akan membuat rugi dari segi manapun, terutama waktu dan uang. Dan untuk menyelesaikan permasalahan tersebut solusinya adalah dengan mengintegrasikan semua hal yang berkaitan karena dapat mengurangi pekerjaan manual dengan membuat proses penjualan menjadi dilakukan secara otomatis. 

  • Penjual Selalu Up To Date

Dengan terintegrasinya e-commerce, pembaruan pada toko akan dilakukan secara otomatis sehingga pebisnis maupun perusahaan tidak perlu merasa khawatir akan tertinggal tentang pembaruan pada toko, baik itu adanya pembuatan pesanan terbaru, stok barang menipis, penolakan pesanan, dan masih banyak lagi.

Itulah penjelasan singkat mengenai multichannel ecommerce dan multi channel ecommerce integration. Semoga penjelasan dalam artikel ini bermanfaat!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *