rumah yang besar

Tips Aman Melakukan Transaksi Over Kredit Rumah yang Aman, Bisa Dicoba Siapa Saja.

Anda tertarik untuk membeli rumah lewat proses over kredit rumah? Proses over kredit rumah memang memberikan berbagai macam keuntungan untuk Anda yang sedang mencari rumah idaman dengan harga terjangkau.

Namun, dibalik keuntungan yang bisa Anda dapatkan tersebut, memang selalu ada kemungkinan terjadinya hal yang tidak diinginkan. Misalnya penipuan yang merugikan Anda.

Anda bisa mencegah terjadinya hal tersebut dengan beberapa tips aman melakukan transaksi over kredit rumah berikut ini.

  • Sebaiknya Anda Memilih Rumah yang Sudah Jadi

Usaha pertama yang bisa Anda coba untuk menghindari penipuan dalam proses over kredit rumah adalah memilih rumah yang sudah jadi.

Dengan memilih rumah yang telah siap untuk dihuni, Anda bisa mendapatkan informasi yang jelas tentang rumah tersebut. Misalnya luas tanah dan ukurannya.

Memilih rumah yang sudah jadi juga membantu Anda untuk hemat karena Anda tidak perlu memikirkan biaya untuk membangunnya lagi. Kemungkinan Anda hanya perlu menyiapkan biaya untuk renovasi.

  • Mencari Informasi Tentang Sisa Cicilan Dari Pemilik Lama

Supaya transaksi over kredit rumah Anda berjalan dengan aman, disarankan untuk memeriksa terlebih dahulu tentang sisa cicilan dari pemilik rumah lama. 

Dengan mengetahui jumlah cicilan dari kreditur sebelumnya, Anda bisa menghindari kemungkinan terjadinya proses penipuan yang membuat Anda harus membayar jumlah yang seharusnya tidak Anda bayarkan.

  • Mencari Tahu Rekam Jejak dari Pemilik Sebelumnya

Hal lain yang bisa Anda lakukan supaya bisa melakukan transaksi over kredit rumah dengan aman adalah mencari tahu rekam jejak dari pemilik rumah sebelum Anda membelinya.

Lewat proses rekam jejak, Anda bisa mengetahui informasi apakah ada tunggakan atau bahkan denda  yang belum dibayarkan oleh pemilik rumah sebelumnya. 

Dengan mencari tahu hal tersebut, Anda bisa terhindar dari kejadian membayar tagihan yang bukan menjadi  kewajiban Anda.

  • Memastikan Kalau Proses Balik Nama atas Sertifikat Benar Dilakukan

Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan di masa depan, disarankan untuk benar-benar memastikan sertifikat rumah yang Anda beli benar-benar telah berubah menjadi atas nama Anda.

Dengan diubahnya sertifikat menjadi nama Anda, artinya rumah itu telah benar-benar menjadi milik Anda yang sah secara hukum.

  • Persiapkan Materai untuk Semua Dokumen dan Surat Perjanjian 

Disarankan untuk menyiapkan dokumen yang dibutuhkan sejak awal proses dimulai. Hal ini bertujuan agar notaris dan bank bisa segera memulai proses over kredit rumah. Diwajibkan juga untuk membuat surat perjanjian bermaterai yang ditandatangani oleh semua pihak yang terlibat.

Surat tersebut akan menjadi dokumen sah yang akan menjadi bukti transaksi yang telah terjadi. 

Itulah beberapa tips aman melakukan transaksi over kredit rumah yang bisa Anda coba ketika  Anda tertarik untuk membeli rumah idaman dengan metode over kredit rumah. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *