mata uang dollar

Ketahui Strategi Agar Deposito Berjangka Agar Menjadi Investasi Menguntungkan

Sebagai nasabah mema anda berhak Memilih produk yang ditawarkan ke bank. Produk dari bank pun ada banyak salah satunya yang cukup populer adalah tabungan deposito. Apakah anda tertarik untuk menggunakan produk deposito? Jika memang sudah yakin memilih produk deposit, maka ada beberapa strategi yang bisa dilakukan agar investasi deposito bisa menguntungkan. Apa sajakah strateginya? Untuk mengetahui bisa langsung saja simak ulasan berikut ini. 

Berbagai Strategi Agar Investasi Deposito Menguntungkan 

Salah satu tujuan dari investasi apapun termasuk investasi deposito memang adalah untuk mendapatkan keuntungan. Karena hal tersebutlah, jika anda memilih deposito berjangka waktu untuk jenis simpanan yang dipilih, maka anda bisa melakukan beberapa strategi berikut ini agar bisa mendapatkan keuntungan dari pilihan investasi ini. 

  1. Menentukan Jangka Waktu 

Tabungan deposito adalah sebuah simpanan berjangka, sehingga pencairannya memang harus sesuai dengan waktu yang sudah ditentukan. Maka dari itu anda perlu menentukan dengan tepat jangka waktunya. 

Perlu diketahui, jika jangka waktu simpan akan mempengaruhi suku bunga yang akan didapatkan. Untuk pemilihan jangka waktu bisa disesuaikan dengan kebutuhan nasabah. Maksudnya anda bisa memilih seusia dengan kebutuhan anda atau kapan anda butuhkan dana tersebut.

Misal untuk tabungan pembuatan rumah 10 tahun lagi, maka bisa memilih waktu jatuh tempo 10 tahun lagi. Tapi pastikan anda memiliki uang cadangan sebelum jatuh tempo deposito. Sebab uang deposito memang baru bisa dicairkan atau diambil saat sudah jatuh tempo, jika diambil sebelum waktunya, maka anda bisa mendapatkan penalti seperti denda. 

  1. Bandingkan Suku Bunga 

Setelah menentukan waktu untuk deposito berjangka, maka anda bisa memilih bank dengan suku bunga yang diinginkan. Ya, setiap bank memiliki suku bunga deposito yang berbeda-beda. Karena hal tersebutlah, anda bisa memilih bank dengan suku bunga yang diinginkan. Mencari informasi seputar suku bunga yang diberikan masing-masing bank memang wajib anda lakukan. Ini dilakukan agar bisa menemukan yang tepat dan terbaik menurut anda. 

  1. Memperhitungkan Biaya Tambahan 

Tidak seperti tabungan atau simpanan biasa, tabungan deposito tidak ada istilah pemotongan biaya bulanan. Tapi anda sebagai pemilik dana deposito harus membayar pajak yang dihitung dari bunga yang didapatkan. 

Karena hal tersebutlah memang ada baiknya anda menghitung biaya tambahan sebelum memilih produk deposito. 

  1. Membagi Dana Deposito 

Membagi dana pun menjadi salah satu strategi agar deposit bisa lebih menguntungkan. Misal saja anda memiliki dana sebesar 150 juta rupiah, maka bagi dua terlebih dana tersebut sebelum mendepositokan semuanya. 

Bagilah untuk dua periode waktu yang berbeda. Misal 60 juta untuk periode deposito satu tahun, kemudian 100 juta lagi untuk dua tahun. Jika sudah jatuh tempo di tahap pertama, maka silahkan ambil semuanya secara tunai, kemudian investasi lagi dalam bentuk deposito. Ini pun bisa digunakan agar bisa menea bunga lebih tinggi. 

Itulah beberapa strategi yang dapat dilakukan untuk mendapatkan keuntungan dari tabungan deposito berjangka. 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *