ilustrasi besi

Fungsi Baja Plat Strip Untuk Kehidupan Sehari – Hari

Pada saat membangun sebuah bangunan maupun hunian, pastinya akan memerlukan bahan bangunan yang begitu beragam dengan berbagai kelebihan dan fungsinya masing-masing. Terkadang di sebuah bangunan akan memerlukan yang namanya baja plat strip akan memberikan fungsi yang tersendiri untuk bagian material konstruksi.

Apa Itu Baja Strip Plat? 

Baja strip adalah sebuah plat baja yang memiliki ketebalan 2 mm – 60 mm dengan menggunakan material yang berbentuk kotak atau gepeng. Besi plat strip ini masuk pada kategori baja yang rendah. Besi plat sendiri masih digolongkan ke dalam beberapa jenis. Fungsi dari berbagai jenis baja plat strip juga sangat berbeda-beda sehingga bisa menyesuaikan dengan kebutuhan. 

Plat besi yang banyak beredar di pasaran merupakan material yang berjenis baja struktural sering dipakai ketika membuat baja karbon yang rendah, sehingga lebih mampu untuk menghasilkan fleksibilitas bahan yang sangat baik. Bahkan material tersebut memang dikenal dengan kekuatannya dan juga ketahanan di segala keadaan. Tidak hanya berfungsi dan diaplikasikan di berbagai jenis konstruksi, baja plat strip ini juga banyak sekali di manfaat pada berbagai bidang industri reparasi dan juga fabrikasi. 

Pengaplikasian Besi Plat Strip untuk Kehidupan Sehari – hari 

Besi plat strip masuk ke kategori baja karbon rendah dengan kandungan setidaknya 0,04 % – 0,10 % C. Berikut ini adalah berbagai fungsi besi plat strip yang bisa kita temukan dalam kehidupan sehari-hari :

1. Pemakaian Pada Pintu Rumah

Pintu yang biasanya kita lihat ternyata juga terbuat dengan menggunakan besi plat strip, besi tersebut memang mempunyai sifat yang sangat ringan dan mudah dilakukan pembentukan sehingga sangat mudah dipakai untuk membuat pintu rumah maupun garasi. 

  1. Melakukan Pemeliharaan Pada Mesin

Besi plat strip juga dapat digunakan untuk melakukan pemeliharaan mesin. Hal ini agar nantinya lebih dipermudahkan dalam melakukan maintenance terhadap pemeliharaan di mesin tekstil, food and beverage dan lain sebagainya. 

  1. Plat Lantai Pada Rumah Tingkat 2

Pemakaian besi plat strip untuk pelapisan lantai pada rumah dua lantai ternyata bisa memberikan hasil yang bagus. Agar bisa lebih memberikan kekuatan dan mengokohkan bangunan menjadi dua kali lipatnya. Jadi, Anda tidak harus merasa khawatir jika meletakkan berbagai macam barang yang memiliki sifat berat di lantai dua rumah karena sudah ditambah kekuatan menggunakan besi plat baja. 

  1. Besi Plat Strip untuk Keperluan Transportasi

Anda dapat dengan mudah untuk menemukan besi plat strip pada kendaraan seperti mobil untuk mengangkut barang dan juga bus. Hal tersebut bisa terjadi karena menang besi jenis ini sudah banyak dikenal dengan tingkat ketahanan sehingga pada saat diaplikasikan ke kebutuhan transportasi akan menjadi lebih maksimal fungsinya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *