ilustrasi espresso machine

Komponen Astoria Machine Espresso dan Cara Kerjanya

Bagi pecinta kopi pastinya tidak asing dengan yang namanya espresso. Bahkan tak banyak juga yang menjadikan espresso sebagai minuman favorit. Tahukah kamu espresso merupakan hasil dari ekstraksi kopi dan air menggunakan mesin espresso.

Ada banyak merk mesin pembuat kopi, salah satunya Astoria machine espresso. Yang mana Astoria merupakan salah satu mesin espresso terbaik yang ada di dunia perkopian dunia.

Apa Itu Mesin Kopi 

Mesin kopi merupakan mesin yang digunakan untuk membuat kopi dengan sajian yang nikmat dan juga khas dengan cita rasa kopi yang nikmat. Ada banyak tipe mesin yang biasa digunakan oleh barista kopi salah satunya mesin kopi espresso manual. 

Mesin kopi sudah ada sejak abad ke 19, yang mana pada abad itu juga mulai banyak bermunculan dan berkembang café-café di beberapa Negara. Salah satu brand mesin kopi terkenal adalah Astoria machine espresso.

Komponen Mesin Espresso

Pada mesin espresso memiliki banyak komponen dan bagian dengan fungsi yang berbeda-beda. Komponen tersebut, diantaranya:

  1. Portafilter

Wadah atau tempat kopi yang akan diekstraksi

  1. Water boiler

Tempat menampung air panas untuk menyeduh kopi

  1. Group head

Merupakan pintu pertemuan air panas yang tersedia pada water boiler dengan bubuk kopi

  1. Extraction switch

Fungsinya untuk memulai dan menyudahi proses ekstraksi

  1. Steam wand

Memanaskan dan membuihkan susu atau biasa dikenal dengan nama frothing

  1. Steam knob

Menghidupkan dan mematikan semburan uap angin pada steam wand

  1. Tamper

Berfungsi untuk memadatkan bubuk kopi

  1. Drip tray

Tempa tetesan atau sisa air ekstrak, berbentuk seperti stempel

  1. Knockbox

Wadah yang digunakan untuk membungkus dan membuang ampas kopi 

Cara Kerja Mesin Espresso

Biasanya mesin espresso mempunyai penampungan yang berbeda-beda. Ada yang banyak ada juga yang memang terbatas. Biasanya air panas pada boilernya dialirkan ke tempat ekstraksi (brewning) dan untuk steam susu secara bergantian. 

Sebelum menggunakan mesin, pastikan tempat dan juga mesin bersih serta mengecek ulang cara penggunaanya. Diantaranya mengisi air kemudian dipanasi oleh mesin kopi. Yang kemudian akan disalurkan ke portafilter. 

Sebenarnya ada banyak jenis mesin espresso, diantaranya mesin espresso manual, mesin otomatis, dan mesin espresso professional. Degan kekurangan dan kelebihan yang berbeda juga.

Demikian tadi pembahasan mengenai komponen yang ada di mesin espresso, dan juga cara kerja dari mesin espresso secara umum. Dengan merek terkenal yaitu Astoria machine espresso.

Bagi kamu yang tertarik untuk memiliki mesin kopi sendiri, kamu tidak perlu menyiapkan banyak uang terlalu banyak. Untuk dapat mendapatkan mesin kopi espresso dengan kualitas baik, harga mesin espresso pada umumnya 1 sampai 4 juta an.cukup terjangkau bukan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *