Ilustrasi ecommerce

Inilah Tips Meningkatkan Penjualan Melalui Social Ecommerce Platform

Social ecommerce platform menjadi istilah yang mulai populer terkait kegiatan belanja online. Namun perlu diketahui bahwa social ecommerce tidak sama dengan ecommerce. Social ecommerce adalah aktivitas menjual produk melalui social media mulai dari riset, menemukan produk, dan pembayaran dilakukan di platform social media.

Secara sederhana, ketika seseorang scroll di social media dan melihat baju dengan motif unik, Anda dapat langsung mengkliknya jika ingin membeli dan menyelesaikan proses pembelian tanpa harus keluar dari aplikasi tersebut. Setelah transaksi selesai, pengguna dapat melanjutkan scroll dan menggunakan social media tersebut seperti biasa.

Perbedaan Social Commerce dan Ecommerce

Social ecommerce merupakan kegiatan belanja secara langsung di media social tanpa membuka aplikasi ecommerce. Ecommerce itu sendiri adalah aplikasi atau situs khusus yang menjadi tempat penjualan produk mulai dari pemilihan produk hingga proses transaksi selesai. Hal ini berbeda lagi dengan social selling dimana social selling menggunakan social media untuk menemukan kontak dari para calon pelanggan, memelihara prospek penjualan, dan menjalin hubungan dengan konsumen.

Mengapa Pebisnis Memilih Menggunakan Social Commerce Strategy

Dengan kekhasan dan strategi yang dimilikinya, saat ini banyak pelaku usaha mulai menggunakan social ecommerce platform untuk menjual produknya. Pemilihan ini juga semakin dikuatkan dengan hal berikut:

  • Pelanggan Dapat Melakukan Berbagai Aktivitas yang Diinginkan

Social ecommerce memungkinkan pelanggan untuk melakukan berbagai hal seperti berkonsultasi dengan orang lain terkait proses pembelian, memberikan komentar, dan membaca berbagai komentar dari pelanggan lainnya. Hal ini dapat membangun kepercayaan pelanggan terhadap brand tersebut.

  • Proses Mudah Cukup Dengan Sekali Klik

Saat calon pelanggan menemukan produk menarik dan harus keluar dari aplikasi social media untuk masuk ke ecommerce biasanya mereka sudah kehilangan perhatian dan momen berharga mengenai produk tersebut. Sementara itu jika pelanggan melihat produk dan dapat langsung membelinya cukup dengan sekali klik, ini merupakan cara yang lebih menarik. Jadi pelanggan tidak perlu meninggalkan postingan.

Tips Menjual Produk Melalui Platform Social Ecomerce

Agar penjualan melalui social ecommerce lebih efektif dan menguntungkan, ada beberapa tips yang dapat diperhatikan.

  • Konten Produk yang Menarik

Menghadirkan konten produk dan katalog yang menarik dapat menarik perhatian pelanggan untuk membeli produk. Penjual juga dapat merespon para pelanggan yang bertanya atau mengunggah produk Anda di story mereka.

  • Banyak Ulasan Dari Pelanggan

Selain menyiapkan konten yang menarik, pengusaha perlu meyakinkan pelanggan untuk membeli produk tersebut. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan memperbanyak ulasan positif untuk produk yang dijual. Mintalah para pelanggan untuk memberi ulasan tentang pengalaman mereka menggunakan produk tersebut.

Demikian sedikit ulasan mengenai ciri khas dan tips menjual produk melalui social ecommerce platform. Semoga Anda dapat memanfaatkan platforms social media untuk meningkatkan penjualan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *